Sabtu, 12 Februari 2011

Aliran secara Eulerian dan Lagrangian dalam Fluida

Terdapat dua pendekatan umum dalam menganalisis masalah-masalah mekanika fluida. metode pertama, yang disebut metode Eularian, menggunakan konsep medan yaitu fluida sebagai fungsi dari koordinat ruang. dalam hal ini, gerakan fluida diberikan dengan menggambarkan secara lengkap sifat-sifat yang diperlukan (tekanan, kerapatan, kecepatan, dll) sebagai fungsi dari ruang dan waktu. dari metode ini, kita memperoleh informasi mengenai aliran tersebut tentang apa yang terjadi pada titik-titik yang tetap berada didalam ruang ketika fluida mengalir melewati titik-titik tersebut.
metode yang kedua yang disebut metode Lagrangian menggunakan cara mengikuti masing-masing partikel fluida ketika mereka berigerak dan menentukan bagaimana sifat-sifat fluida yang berkaitan dengan perubahan kedudukan partikel ini sebagai fungsi dari waktu. Artinya, partikel fluida "dipantau" atau diidentifikasi, dan sifat-sifatnya ditentukan selagi bergerak.
perbedaan antara kedua metode analisis masalah-masalah aliran fluida tadi dapat dilihat dalam contoh asap yang keluar dari sebuah cerobong.
dalam metode eularian, seseorang dapat memasang alat pengukur temperatur diatas cerobong dan mencatat temperatur dititik itu sebagai fungsi dari waktu.

1 komentar:

Syettan mengatakan...

kl cnth lagrangian gmn!

Posting Komentar